Breaking News

Harga Komoditas Kedelai Relatif Stabil



Wonosari.( detakjogjakarta.com)


Komoditi kedelai yang merupakan bahan dasar pembuatan tahu tempe dan susu kedelai terpantau stabil.

Menurut Mbah Darso pemilik Toko Tulus Jaya yang berada di Jalan Tentara Pelajar Trimulyo 1 Kepek Wonosari

Harga kedelai impor saat ini Rp 7700/ kilogram.


"Saat ini kami menjual harga kedelai impor seharga Rp 7700, harga itu memang naik turun selama pandemi covod-19 ini. Harga kedelai sebelum covid-19  sekitar bulan Januarai berkisar di harga Rp 7000/kilogram."


Toko Tulus Jaya melayani penjualan kedelai untuk bahan dasar pembuatan tempe, tahu dan susu kedelai.

Juga menyediakan plastik ukuran 10 seharga Rp 35000 sementara harga Ragi tempe perbungkus saat ini Rp 12000.


Toko yang melayani penjualan khusus kedelai impor ini menyampaikan bahwa omset penjual tokonya mencapai 12 ton /minggu, dimana penyalurannya se Gunungkidul.


Penjualan kedelai relatif tidak mengalami penurunan omset selama covid ini karena kebutuhan tempe dan tahu menjadi andalan lauk bagi warga Gunungkidul.

Mengenai hanya kedelai impor yang dijual, mbah darso menyampaikan,


" Perajin tempe maupun tahu sebenarnya lebih menyukai kedelai lokal, tapi yang menjadi masalah adanya ketiadaan stok kedelai lokal di pasaran, kalaupun pada waktu panen, kedelai lokal hanya sedikit. Hal inilah yang menjadi kendala pedagang maupun perajin", imbuh Mbah Darso.


Komoditi kedelai impor yang beredar di Wonosari dan sekitarnya dalam kemasan cap BOLA dan kemasan cap Tulip. Pada kedua kemasan bagoran per 50 kg tersebut tercantum sebagai sebagai KEDELAI USA. Baik harga dan kualitas dari kedua merk kedelai tersebut hampir sama.





Tidak ada komentar